Bullying At School

Bullying itu wajar-wajar aja dan hampir terjadi dimananpun, kalangan apapun dan usia berapapun. Anak-anak harus dibiarkan “belajar” menghadapinya. Benarkah?

Bullying itu pendzaliman! kezhaliman adalah sesuatu yang tidak wajar, bila kita menganggapnya wajar bahkan dianggap sebagai pembelajaran buat orang lain, apa nggak ada cara laen yang lebih baek?

I say no to bullying! no matter how small the act is, still its a big deal.

on the other hand, anak-anak memang harus diberi pengajaran untuk bertahan bahkan atau melawan terhadap perlakuan bullying ini.

Suatu hari anakku, Alia mengalami bullying dalam bentuk verbal dari beberapa teman perempuannya di sekolah lalu dia memutuskan untuk homeschool. Kami berbincang2 mengenai hal ini dan tentunya sebagai orangtua, beberapa tips terlontar,

diantaranya :

–  Speak up

Katakan bahwa kita tidak suka diperlakukan seperti itu, atau katakan pada guru atau orangtua atau seseorang yang lebih tua bahwa kita perlu pertolongan,

– Stay away

Jauhi orang2 itu,

– Fight Back

Terkadang, membalas serangan orang untuk membuat mereka berhenti melakukan kezhaliman, dibutuhkan.

Di tengah obrolan kami, Alia mengingatkanku tentang sebuah kisah yang dulu pernah kuceritakan tentang salah seorang sahabat Rasulullah SAW, Abu Bakar R.A, (you can search the full story by urself :D) yang saat dimaki oleh seseorang beliau diam dan malaikat mengembalikan makian itu pada si orang yang memaki dan ketika Abu Bakar R.A membalas makian lalu duduklah setan dan pergilah malaikat, Dan Alia melanjutkan”ya aku lakuin itu”…………….. dan………. hening………. thats it, no more words, i just hug her and told her that i always proud of her.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s