Sajian Makanan Prasmanan dan Homeschooling

Bismillah..

Gambar

Gambar diatas diambil dari http://terkenalasyik.blogspot.com/2012/11/tips-sehat-saat-makan-prasmanan.html

Sebuah penampakan sajian makanan ala prasmanan, biasanya tersaji  saat kita menghadiri suatu pesta yang penuh dengan sukacita. Dalam penyajian makanan prasmanan, beragam macam makanan lezat  tersaji dari makanan pembuka , menu utama dan makanan penutup yang semuanya beraneka ragam.

Bayangkan kita pergi ke suatu pesta dan melihat makanan prasmanan itu tersaji, o boy!… feels like all i will eat, but i know i can not, yang akhirnya membuat kita berpikir bahwa kita hanya akan memilih makanan yang kita sukai, kita inginkan, kita butuhkan dan sesuai dengan porsi kita. Hal ini baik karena lebih cenderung membuat kita menghabiskan makanan tersebut dengan baik, membuat kita merasa puas dan kita meyakini bahwa hal itu memang berguna bagi kebaikan kita, belum lagi menghindarkan diri dari kemubaziran juga membuat tuan rumah dan penyaji makanan merasa senang dan puas.. and everyone is happy.

Di waktu yang lain, bayangkan kita menghadiri sebuah acara dimana penyajian makanannya adalah berupa paket, mungkin beberapa box berisi makanan pembuka, menu utama dan makanan penutup. Kita membuka paketnya, makanan pembuka dan menu utama bukan selera kita, lebih-lebih salah satu makanan dalam menu yang tersaji dalam paket ada yang menjadi pemicu kambuhnya sakit kita, but wait… tapi makanan penutupnya itu favorit kita!? dan setelah berpikir beberapa saat akhirnya makanan dalam sajian tersebut dimakan juga walau dengan keterpaksaan. Ada beberapa orang yang menghabiskan semuanya, suka atau tidak suka, ada juga yang menyisakannya sedikit atau banyak. Tidak semua orang puas dan senang dengan seleranya, jenis makanannya,  dan jumlah porsinya. Well…. mungkin pihak2 yang menyajikan tidak terlalu peduli dengan apa yang terjadi setelah paket2 makanan itu dibagikan.

And that is an analogy for Homeschooling and Public School.

Ilmu-ilmu dan pengetahuan yang sangat beragam di dunia ini sungguh ingin kita kuasai seluruhnya, namun kita tau itu tidak mungkin. Pada akhirnya kita memutuskan memilih dan mengambil ilmu dan pengetahuan untuk dipelajari lebih dalam yang sesuai dengan kapasitas, kapability (kemampuan), ketertarikan dan atau passion. membuat kita merasa puas, bersemangat, membuat kita do our best (maximum)  dan kita meyakini bahwa hal itu memang berguna bagi kebaikan kita, belum lagi menghindarkan diri dari kemubaziran (waktu, uang, dll) and everyone is happy.

Mengutip terjemahan ayat Al-Qur’an surah At-Taubah surat 9 ayat 122 :

“Nor should the believers all go forth together, if a contingent from every expedition remained behind, they could devote themselves to studies in religion and admonish the people when they return to them, that thus they (may learn) to guard themselves (against evil)”  (The Holy Qur’an text and translation by Abdullah Yusuf Ali)

Setiap sesuatu di dunia ini tidaklah Allah ciptakan dengan sia-sia, setiap manusia yang tercipta mustahil diciptakan sia-sia tanpa maksud. Setiap diri-diri kita adalah khalifah di muka bumi ini, pastilah memiliki suatu peran yang tidak harus sama dengan manusia lainnya, maka temukanlah peran masing-masing diri  dan anak-anak kita di dunia ini sebaik-baiknya walaupun terkadang jalannya melawan mainstream.

Gambar

Sangat mengesankan mengikuti webinar homeschooling, thanks to rumahinspirasi.com (pak Aar dan bu Lala) http://rumahinspirasi.com/webinar-homeschooling-ii-2013/  membuka banyak pintu-pintu pemikiran baru dan meninggalkan jejak pemikiran baru tersebut dalam tulisan ini yang siap untuk diaplikasikan dalam perjalanan hidup kami selanjutnya,  Alhamdulillah..

Advertisements

4 thoughts on “Sajian Makanan Prasmanan dan Homeschooling

  1. Ini juga pemikiranku. Ingin anak mencapai apa-apa yang ia minati dan ‘bakati’, sambil tetap berpegang pada nilai-nilai moral dan wajib punya keterampilan kemandirian (beberes rumah, memasak, menjahit baju bolong heheh).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s