Enterpreneurship dan Uang Saku

Bismillah

Di waktu yang lalu, di rumah kami memberi cuma-cuma uang saku pada Al (8th) setiap hari senin dan kamis saja. Bila dia membutuhkan uang lebih untuk membeli apa yang diinginkannya, dia harus memintaku suatu pekerjaan rumah dan dari situlah dia mendapat uang tambahan.

Di waktu lalu selanjutnya, uang saku hanya akan didapat bila Al melakukan suatu pekerjaan rumah (bisa mencuci piring-piring, menyapu, mengepel, merapikan pakaian, membersihkan perabotan, dll) bila tidak ada yang dia lakukan, maka tidak ada uang saku.

Tapi seiring berjalannya waktu, Al sering meminta (kadang memohon)  pekerjaan rumah padaku yang pastinya tujuannya untuk mendapatkan uang… hmmmmm…. ini terdengar bukan enterpreneurship. Lalu kami memutuskan untuk mengganti kembali kebijakan kami tentang uang saku ini.

Sekarang ini, uang saku akan bisa didapatkan kapan saja dengan syarat Al dapat membuat sesuatu karya apa saja dan mempresentasikan karyanya itu pada kami sehingga kami menghargainya dalam bentuk non-materi dan materi berupa uang saku.

Hari pertama kesepakatan kami dimulai, anak-anak bersemangat sekali. Tanpa bantuan dan campur tangan orang dewasa pelajaran menciptakan produk, menciptakan pekerjaan sendiri, menghasilkan uang darinya, menghargai hasil karya sendiri, menciptakan rasa penghargaan dan kepercayaan diri….. dimulai. ini enterpreneurship….. and this is just the beginning.

Gambar

Sebuah miniatur kamar mandi terbuat dari barang bekas.

Sesuatu yang sederhana di permukaan tidak bisa dipandang sebelah mata di kedalaman.

Alhamdulillah..

Advertisements

2 thoughts on “Enterpreneurship dan Uang Saku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s