Home dan School = Homeschool (Kegiatan di Rumah)

 

Bismillah…
Banyak orang kebingungan saat menghadapi liburan anak-anak sekolah, sibuk merencanakan liburan bagi anak-anaknya dengan berpikiran kasihan bila anak-anak hanya tinggal di rumah saja tanpa “kegiatan”. Ini mungkin karena keterbiasaan “berkegiatan” di sekolah menjadikan kegiatan di rumah terasa membosankan.
Tidak berlaku (setidaknya) bagiku seorang ibu yang tidak menyekolahkan anak, rumah adalah tempat berkegiatan yang mengasyikkan. Anak-anak belajar dalam keseharian mereka dan dalam permainan mereka, hanya butuh sedikit perubahan mindset untuk meyakini bahwa anak-anak adalah pembelajar alami.hs1hs3hs4hs10hs22hs15
Homeschool melatih anak secara tidak langsung berinisiatif terhadap diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang kreatif, mereka tidak harus menunggu instruksi mengenai apa yang harus mereka lakukan, karena mereka terbiasa tidak terikat dengan instruksi yang biasa dilakukan di sekolah.
Dalam satu hari saja di rumah, mereka dapat melakukan berbagai macam kegiatan bermain yang bermuatan belajar. Misalnya anak-anakku, anak yang satu menulis buku ceritanya sendiri karena itulah hobinya (belajar literasi), lalu mereka pergi membuat kue bersama (belajar matematika praktis, ilmu sosial (tentang kerjasama dan peran) serta sains). Saat melihat ibunya membuat pot tanam dari botol bekas minuman kemasan yang harus dilubangi, mereka ikut membantu (belajar sains), lanjut dengan bermain boneka bayangan dari sinar matahari di balik tenda (belajar sains), menonton film favoritnya (belajar bahasa asing), terkadang mereka mengobrol berdiskusi berdua mengenai suatu hal (belajar bahasa, komunikasi dan ilmu sosial). Itu semua dilakukan tanpa paksaan, jadwal waktu yang ketat atau instruksi, dan masih banyak lagi tak terkira pelajaran yang dapat diambil dari keseharian anak-anak di rumah.
Untuk masalah terstruktur atau tidak, dapat diupayakan dan disesuaikan oleh keluarga masing-masing.  Jadi, tidak ada masalah bagi homeschooler walau hampir sebagian besar waktunya dihabiskan di rumah. Kami tidak memisahkan bermain dan belajar, tidak memisahkan home dan school, karena itu kami homeschool 😀
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s