Pendidikan Dimana Saja, Kapan Saja

Bismillah…

Di mobil yang berjalanpun belajar….
Misalnya nih, si emak pergi ke sana ke market pan anak2 ngikut nih…mereka biasa menghafal al quran dan talaqi di jalan sesuai target.. atau pernah tiba2 Alia tanya “mami, Allah itu bisa berbuat sekehendak ‘hati’Nya ya?enak baanget ya jadi Allah” ..dari sini mulailah diskusi ketauhidan Tuhan dan penanaman aqidah.

Di supermarket luaspun belajar…..
Sesampai di supermarket, tetiba dia ingat sesuatu “mami, kenapa sih Fulanah itu bilang kalo dia ngga suka kalo anak ngga sekolah karena ngga berpendidikan..?” Dari sini mulailah diskusi tentang makna pendidikan sejati, berlatih berpikir kritis, berlatih menghargai pendapat orang lain tanpa harus mengikutinya.

Dalam home-education, saat-saat dan kesempatan mendidik yang seperti demikian sungguh kaya.

 

Aturan Uang Saku

Bismillah…

Peraturan tentang uang saku bisa berbeda-beda di setiap keluarga.
Di keluarga kami, tidak ada uang saku yg cuma2, uang saku diberikan hanya bila si anak membuat suatu karya (bisa apa saja walaupun sangat sederhana).

Kami orangtuanya akan membeli karya anak2 tsb sesuai dengan tingkat kesulitan dan usaha yg dilakukan. Jadi mereka mungkin saja bisa mendapat uang saku beberapa kali sehari, setiap hari, atau berhari-hari tidak mendapat uang saku…semua tergantung mereka. Dan ini berlaku untuk semua anak, yang 9 maupun 5 tahun.

Tujuannya, mendidik anak-anak menumbuhkan kreatifitasnya masing-masing, mengajari arti bekerja dan berkarya sekaligus menghargai hasil karya orang lain.. dan diharapkan anak-anak pada saat aqil baligh-nya siap menjadi orang-orang yang tidak banyak bergantung pada orang lain.

Sesekali Alia bertanya “mami ngga punya karya tapi tetep dapet uang saku dari papa?!”
“Lho..mami juga berkarya lho, masakan mami itu suatu karya, polesan di wajah mami saat berdandan di rumah..itu juga karya untuk papa ” 😀

Berbagi Nasi Bungkus Bersama Teman-teman

Bismillah…

5 Desember 2014

Hari jumat jadwalnya hari untuk melayani.

Kali ini kami mengajak teman-teman sesama pegiat Homeschool untuk bersama-sama membagikan nasi bungkus pada orang-orang yang kesulitan yang kami temui di jalanan.

ksuper1

Agar anak-anak belajar dan mengetahui bagaimana caranya membahagiakan diri sendiri (yaitu dengan membahagiakan orang lain).

Nasehat Alia

Bismillah…

Kata orang-orang, sekarang anak-anak lagi musim ujian akhir semester.
Alia yang ngga sekolah juga ternyata dapat ujian…. (setidaknya bagiku ini merupakan ujian buat Alia hehe..)

Pagi tadi, ceritanya sang emak “berkonflik” dengan dek Karin…

Alia bicara “mami, bukan cuma Karina aja yang salah, mami juga salah marah-marah pada Karin, dia kan masih kecil, anak kecil memang suka begitu.. kalau dia begitu lebih baik didiemin aja, mami lebih baik minta maaf juga pada Karin, aku bukan hanya sayang pada mami tapi aku jg sayang adekku dan keluargaku”

Meleleeeh hatiku sambil manggut-manggut bak anak kecil yang dinasehati ibunya yang bijaksana..
Aaah senangnya dinasehati kebaikan oleh anak, senangnya bisa belajar terus dari anak.

 

Sekali lagi merasakan bahwa home education adalah pendidikan sejati bagi seluruh anggota keluarga.

Alia Belajar Berbisnis

Bismillah…

4 Desember 2014

Alia belajar berbisnis, bisnisnya saat ini adalah penjualan isi ulang pulsa elektrik dan kini bisnis barunya adalah menerima pesanan desain kartu nama, sticker nama dan poster.

HSproj3

Alhamdulillah Alia telah memiliki beberapa pelanggan.

Terimakasih atas support teman2 yang sudah mempercayakan desain kartu namanya pada Alia, sungguh suatu penghargaan dan dukungan yang luar biasa untuk Alia dalam menjalani proses belajarnya.