Pencapaian Karina- Perdana Menulis Narasi

Bismillah…

28 januari 2015

Karina (jelang 6 tahun)

Anak ngga sekolah, ngga les atau kursus baca tulis dan belum diajarin baca tulis, ternyata bisa juga inisiatif bikin narasi hasil nguping diskusi kakaknya tentang politik…

karinsachvmnt

Advertisements

(Portofolio) Alia- Bekerja Sebagai Pelatih Renang

Bismillah…

28 Januari 2015

Coach Alia Sabrina (9th) hari ini melatih berenang Kayyisa, Maziya, Andin, Karina dan Amr.

Hasil inovasi sebagai pelatih hari ini (menurut ceritanya) adalah :
1. Menggunakan metode permainan di air agar anak2 merasa senang belajar berenang…
Contohnya :
– games menyelamatkan coach Alia yg tenggelam. Anak2 berlarian di air utk segera menggapai coach Alia.
– lomba bubble ; anak2 belajar menahan nafas dalam air.

2. Memberi tanda “cap” telah selesai berenang dgn menggambarkan sesuatu di punggung tangan anak2. (Besok2 malah mau dibawain cap beneran ama ammah Putri hihihi..)

3. Meminta pada orangtua anak peserta les agar membawakan buku tulis yg tujuannya sebagai buku komunikasi, dimana nanti buku tersebut mencatat absensi dan iuran serta laporan aktivitas dan pelajaran apa saja yang telah diberikannya pada hari tersebut untuk diketahui orangtua.

*****

Salah seorang teman bertanya ko bisa begitu? Aku menjawab bahwa aku ngga tau…. sebagai orangtua aku bangga dengan hal ini tapi serius aku ngga tau apa2….masyaAllah lahawla wala kuwwata illa billah (semua atas kehendak Allah dan tidak ada andil atau upayaku kecuali Allah (yg berkendak)).. aku hanya seorang ibu biasa dalam mendidik anak, sangat biasa2…

Terimakasih yg sebesar2nya atas penghargaan orangtua2 yg luar biasa ; mbaWisye Gazali, Febriani Petty, bi’ru, Putri Ariani, kesempatan dan pengalaman ini sangat berarti bagi Alia dan kami. Jazakumullahu khoiron katsir..Allah yg membalasnya insyaallah.

Kelihatannya Alia mengajar padahal sebetulnya dialah yg belajar.

aliasjob

Dalam Komunitas

Bismillah…

Anak-anak pre-aqilbaligh membutuhkan lebih banyak aktifitas serta interaksi dengan orang-orang di luar kalangannya (keluarganya).

Dalam pendidikan berbasis komunitas, seseorang di dalam komunitas adalah juga merupakan orangtua dari anak2 lain, dia bertanggungjawab akan pendidikan semua anak2 dalam komunitasnya.

It takes a village to raise a child.

ksuperact3
Anak2 ksuper saat mabit di dekat rumah ammah wulan, saat berangkat ikut ammah Aning bekerja ke japan foundation, saat menelusuri jalan pulang ke rumah ammah Ari sepulang les.
ksuperact4
Pia dan Alia saat menginap bersama, belajar dan beraktifitas bersama ammah Fe kemana2.

Tips Agar Anak Mau Membaca Buku Tebal

Bismillah..

12 Januari 2015

aliasreading

Tahapan awal membaca anak biasanya dimulai dari buku-buku yang gambarnya lebih banyak daripada kalimat ceritanya, seiring bertambahnya usia anak-anak perlu membaca buku-buku yang kalimatnya lebih banyak daripada gambar/ilustrasinya. Tidak mudah beranjaknya sih..sebab ilustrasi2 itu begitu memikat anak2 ketimbang tulisan2. Namun ternyata tidak sesulit yang diduga untuk “beralih” ke tahapan tersebut.

Tips kecil yang sangat mudah dan sederhana untuk membuat anak tertarik membaca buku2 tebalnya sendiri adalah ;

1. Diawali dengan membacakannya pada sang anak. Bacakan beberapa lembar sesuai dengan mood sang anak, setiap harinya.

2. Putuskan bacaan kita sebelum anak merasa bosan atau ketika sang anak sedang merasa semakin tertarik, ini membuatnya penasaran. Karena komit kita pada waktu membaca yang telah ditentukan maka terangkan pada sang anak jika ia ingin mengetahui kelanjutannya ia dapat meneruskan membacanya sendiri.

Alhamdulillah tips sederhana ini berhasil untuk kami.Alia Sabrina (9th) sedang asyik mojok membaca novel di antara tiang2 jemuran di halaman belakang.